Reformasi Dunia Pendidikan (Tulisan Jaman Dulu)




Pendidikan merupakan salah satu unsur  terpenting dalam kemajuan suatu negara. Maju atau mundurnya suatu negara dapat dilihat dari dunia pendidikannya yang diterapkan dalam negara tersebut. Maka dari itu sudah menjadi kewajiban pemerintah untuk menciptakan pendidikan yang bermutu, yang pada akhirnya dapat menelurkan putra-putri bangsa yang siap membangun negara ini lebih maju daripada yang sekarang ini.
Sekilas kita lihat dunia pendidikan yang ada di Indonesia saat ini, masih banyak sekolah-sekolah yang memisah-misahkan antara ilmu dunia dengan agama. Begitu banyak sekolah-sekolah bahkan perguruan tinggi yang hanya menitikberatkan pada bidang keilmuannya saja tanpa di barengi dengan ilmu agama. Padahal dalam kenyataannya semua itu sangat berkaitan satu dan lainnya.
Begitu pula dengan sekolah-sekolah yang mendalami bidang keagamaan, atau dalam masyarakat kita dikenal dengan sebutan Pondok Pesantren. Pada umumnya pondok pesantren itu bertujuan untuk dapat menghasilkan penerus-penerus ulama di Indonesia. Tetapi dalam realita yang ada, masih terdapat pula pondok pesantren yang tidak terlalu mementingkan bidang ilmu keduniawian. Sehingga sering kita jumpai ustadz-ustadz yang ada itu cenderung kaku ataupun asing dalam menghadapi segala sesuatu yang bersifat duniawi, terutama ketika dihadapkan dengan hal-hal yang bersifat informasi dan tekhnologi.
Padahal islam sangat menganjurkan untuk menuntut ilmu apa saja yang bermanfaat dalam hal kebaikan di dunia dan akhirat, yang pada akhirnya dapat meninggikan derajat seseorang diantara yang lainnya.
Selain itu melihat dari realita yang ada pada saat ini, banyak pejabat-pejabat negara yang melakukan tindak pidana korupsi dan hal buruk lainnya. Penulis berkeyakinan bahwa para pejabat tersebut mempunyai ilmu yang tinggi dalam bidangnya, atau minimal mereka itu pernah merasakan duduk di tingkat perguruan tinggi, tetapi mengapa mereka masih dapat melakukan korupsi dan mendzalimi rakyat mereka sendiri. Dilihat dari kenyataan itu, nampaknya mereka semua hasil produk dari dunia pendidikan yang hanya mengedepankan bidang keilmuan duniawi, sehingga melahirkan para profesionalis-profesionalis kapitalis seperti yang bertebaran di negara kita ini. Dan hal tersebut sudah sangat melenceng dari tujuan pendidikan yang ada.
Dengan adanya keselarasan dalam hal ilmu dunia dan agama yang pada dasarnya itu semua saling berkaitan, kita tidak akan mendengar berita tentang korupsi yang dilakukan oleh para pejabat negara ataupun perbuatan yang dinilai sangat tidak bermoral dan tidak pantas untuk dilakukan oleh orang yang berpendidikan tinggi di mata masyarakat .
Jadi pada akhirnya pendidikan yang ada diharapkan untuk dapat menelurkan para tunas bangsa yang berkualitas baik dari segi ilmu duniawi dan agama, bukannya melahirkan para perampok kelas kakap seperti yang banyak terjadi sekarang ini. Sehingga melalui dunia pendidikan yang ada, dapat menghasilkan para intelektual yang berjiwa ulama, dan ulama yang berjiwa intelek, dan pada akhirnya dapat menghapuskan setiap sisi negatif yang datang dari sistem dunia pendidikan yang sekuler, serta segala cita-cita bangsa yang selama ini kita cita-citakan akan terwujud di kemudian hari. Maka dari itu akan terasa sangat indah sekali apabila hal itu terwujud di negara kita, yang pada saat ini kondisinya telah terjadi krisis akidah dan akhlaq.

0 komentar: